[TIPS] Belajar Light Painting Untuk Foto Produk

Light Painting dengan senter dilapisi mika warna biru

Siapa yang tak kenal Light Painting. Salah satu teknik fotografi yang terbilang unik dan kreatif. Agar hasilnya terlihat bagus membutuhkan kesabaran dan kreatifitas. Kenapa harus sabar? Karena teknik menggunakan speed yang lama, tidak langsung ckrik ckrik begitu saja. Haha.

Nah, di mata kuliah multimedia linier 6 Oktober 2015 lalu, kami mendapat materi foto produk dengan menggunakan teknik Light Painting. Dosennya tidak lain adalah Pak Doddy Bening yang sudah tak diragukan lagi keahliannya. Kami diajarkan bagaimana cara membuat foto light painting yang tepat. Inilah tipsnya:
1. Gunakan Ruangan Gelap atau Tempat yg Minim Cahaya
Kenapa harus berada di tempat gelap/minim cahaya? Karena jika ada cahaya lain, akan mengganggu sinar senter/api yang kita gunakan untuk membuat light painting.
2. Atur ISO, diafragma, dan shutter speed. Shutter speed minimal 5 detik
3. Gunakan Tripod. Karena pengambilan gambar memakan waktu lama, maka gunakan tripod agar kamera tetap diam pada tempatnya dan hasil foto lebih bagus.
4. Lukis Cahaya Sekreatif Mungkin. Banyak kreasi gambar yang bisa kita hasilkan. Kesulitan mencari ide? Cobalah browsing, banyak sekali referensi hasil foto light painting di internet.

Itulah beberapa tips yang kami peroleh dari Pak Doddy Bening. Berikut ini adalah hasil foto karya kelompok kami: 

Light Painting dengan senter dilapisi mika warna kuning

Light Painting dengan senter dilapisi mika warna biru dan background hitam

Light Painting dengan senter dilapisi mika warna kuning


Kelompok 2




Terima kasih untuk kelompok 2 (eka, rengga, yuvi, yoyok, decky, fahrizal) x)

Comments